Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membuat Rumah Supaya Bisa Hemat

Bagaimana cara membuat rumah supaya bisa hemat?
Yang dimaksud “supaya bisa hemat” disini adalah bagaimana cara membuat yang nanti di kemudian hari ketika rumah dihuni, biaya yang dikeluarkan oleh penghuni rumah tidak besar atau hemat. Biaya yang pasti dan rutin dikeluarkan setiap bulan diantaranya ialah tagihan listrik, tagihan air (jika menggunakan layanan PDAM). Adapun biaya lain yang bisa saja harus dikeluarkan oleh penghuni rumah adalah biaya perbaikan dan kemudian biaya pemeliharaan.

Bagaimana cara berhematnya? Pertama, dimulai dari desain. Desainlah rumah dengan baik dan sesuai kebutuhan Anda.
Sebagai contoh rumah pada daerah yang beriklim panas. Sebuah rumah yang didesain dengan baik, pasti akan mempunyai sirkulasi udara dan pencahayaan yang bagus. Ini bertujuan agar nanti ketika dihuni bisa meminimalkan pemakaian AC (air conditioner).
Rumah yang sesuai dengan kebutuhan bertujuan agar jangan membuat ruangan yang tidak perlu, dimana ini selain memperbesar biaya disaat membangunnya, bisa juga membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra untuk ruangan itu. Padahal Anda tidak terlalu membutuhkan ruangan tersebut.

Langkah berikutnya yang diperlukan untuk membuat rumah supaya bisa hemat adalah menggunakan material bahan bangunan rumah yang tepat. Mulai dari bahan untuk lantai, dinding, plafon dan atap. Disini tentu akan timbul pertanyaan “dimana letak hematnya?” karena penggunaan bahan yang berkwalitas bagus tentu akan berbanding lurus dengan harga yang mahal. Kembali ke awal tadi, bahwa bisa hemat yang dimaksud adalah hemat ketika rumah itu dihuni. Yang harus diingat juga, ketika Anda mulai berniat membangun rumah, tentu Anda sudah mengumpulkan uang untuk itu. Namun Anda tentu tidak bisa menebak kondisi keuangan Anda di beberapa tahun ke depan. Jika semakin membaik tentu tidak jadi masalah, namun jika sebaliknya tentu akan menjadi rumit.
Menggunakan bahan homogenous tile untuk lantai merupakan pilihan yang tepat untuk rumah di daerah yang bercuaca panas. Membuat dinding yang bersifat isolatif dengan menggunakan bata ringan (AAC) atau interlocking brick, sehingga suhu kamar pada ruang bisa terjaga dengan baik. Plafon menggunakan material gypsum, yang dapat menghambat agar suhu panas di bawah atap (loteng) tidak merembet ke dalam ruangan. Dan menggunakan atap genteng keramik yang terbuat dari tanah liat, dimana atap genteng keramik ini telah teruji mampu menahan panasnya terik matahari.

Kombinasi antara desain rumah yang baik dan penggunaan material yang tepat akan membuat Anda bisa menghemat biaya rutin yang harus Anda keluarkan untuk tagihan listrik. Ketika rumah didesain dengan baik, dapat dipastikan Anda tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari di ruang manapun di dalam rumah Anda. Dan ketika rumah dibangun dengan material yang tepat, akan membuat pemakaian AC menjadi efisien dan efektif.

Hal yang penting juga untuk membuat rumah supaya bisa hemat adalah memilih dan menggunakan aksesoris, fitting dan instalasi (air dan listrik) yang berkwalitas baik. Tujuannya adalah memperkecil atau meniadakan biaya perbaikan. Ingat, ketika melakukan perbaikan, selain mengganti barang yang rusak, Anda juga mengeluarkan biaya upah untuk perbaikan tersebut.

No comments:

Post a Comment