Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Menghitung Tagihan Listrik 1300 Watt per Bulan

Mengetahui cara menghitung tagihan listrik pada rumah yang berdaya 1300 Watt (6 Amp) dapat membantu Anda dalam mengalokasi dana untuk membayar tagihan listrik. Terutama sekali pada sistim prabayar dimana meteran listriknya menggunakan token. Listrik pada rumah tersebut akan otomatis terputus apabila token/stroom pada meteran sudah habis.

Untuk mengetahui cara menghitung tagihan listrik, langkah pertama adalah menginventaris peralatan rumah tangga yang menggunakan daya listrik, termasuk lampu. Contoh yang kita pakai saat ini ialah rumah berdaya listrik 1300 watt yang biasa dipasang pada rumah type 36 atau type 45. Umumnya rumah type tersebut mempunyai ruangan yang terdiri dari; 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, teras, ruang tamu, ruang keluarga/ruang makan, dapur dan teras belakang.
Peralatan rumah tangga biasanya antara lain sebagai berikut; televisi, kulkas, rice cooker, setrika, kipas angin, AC, dan pompa (jika tidak dialiri oleh PDAM). Untuk mengetahui berapa daya listrik (watt) yang dibutuhkan masing-masingnya dapat dilihat pada spesifikasi peralatan tersebut.
Perlu diketahui bahwa kesemua peralatan rumah tangga itu tidak dihidupkan secara bersamaan atau serentak. Itulah yang membuat MCB yang terdapat pada meteran listrik 1300 Watt tidak jepret/jatuh walaupun pada rumah tersebut mempunyai peralatan rumah tangga itu.

Kemudian untuk menghitung berapa daya yang digunakan dalam sebulan, Anda kalikan saja dengan rata-rata pemakaian peralatan dalam 1 hari. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel di bawah ini:
Cara Menghitung Tagihan Listrik 1300 Watt per Bulan
Cara Menghitung Tagihan Listrik 1300 Watt per Bulan

Demikian cara menghitung tagihan listrik rumah yang berdaya sambung 1300 Watt atau 6 Amp perbulan. Pada tabel di atas terlihat bahwa penggunaan AC hanya 1 bh karena kami berasumsi hanya kamar tidur utama yang dipasang AC. Dan yang termasuk pada kategori lain-lain adalah diantaranya; sound system, charger, laptop dll.
Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment