Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Kitchen Set Anti Rayap?

Membuat kitchen set anti rayap! Bagaimana bisa?
Bagi sebagian orang ini tentu merupakan suatu pernyataan yang dianggap sesuatu yang tidak mungkin bisa. Karena rayap merupakan jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama yang merusak benda yang berada di dalam rumah yang terbuat dari kayu. Rayap sangat menyukai tempat yang gelap dan lembab namun tetap memiliki suhu yang hangat, sehingga tidak heran lagi jika rayap kerap tinggal di dalam kayu atau mendekati permukaan tanah. Sementara itu kitchen set pada umumnya berbahan dasar kayu (kayu solid, triplek/multiplek, blockboard) dan sering terpapar air yang kemungkinan menjadi lembab akan besar sekali.
Membuat kitchen set anti rayap
Kitchen set anti rayap

Selama ini, untuk membuat kitchen set membuat anti rayap, diatasi dengan membuat toptable meja kitchen set dari bahan yang anti air dan tanpa sambungan. Dengan harapan agar air jangan sampai menyentuh kabinet kitchen set. Karena apabila itu terjadi, kabinet kitchen set yang terbaut dari bahan dasar kayu itu akan menjadi lembab dan dipastikan rayap akan mulai muncul dan bersarang.

Namun saat ini telah diproduksi bahan atau material untuk membuat kabinet kitchen set yang dijamin tidak akan pernah diserang rayap karena bahan ini terbuat dari bahan sintetis dan anti air, dikenal dengan PVC Board. Diproduksi dalam bentuk lembaran dengan ukuran 1220 mm x 2440 mm dan variasi ketebalan sama 3 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm, 15 mm dan 18 mm.
PVC Board bisa digunakan untuk membuat kabinet kitchen set anti rayap karena bahan ini bisa dipotong, dipaku, disekrup, dicat dan dilem, sama seperti menggunakan bahan yang umum dipakai (kayu, triplek dan blockboard).
Bahan kitchen set anti rayap - PVC Board 6 mm
Bahan kitchen set anti rayap - PVC Board 6 mm

Dari sisi harga, memang harga per lembar PVC Board lebih mahal dari pada triplek. Bisa dikatakan 3 kali lebih mahal dari triplek. Sebagai perbandingan, saat tulisan ini diposting, harga triplek 6 mm adalah Rp. 88.000,- sedangkan PVC Board 6 mm adalah Rp. 270.000,-. Namun yang perlu diketahui, permukaan dari PVC Board ini sudah halus sehingga memungkinkan untuk tidak dilakukan pengecatan atau pelapisan. Untuk membuat kitchen set yang anti rayap, hanya bagian toptable dari kabinet saja yang perlu dilapisi, bisa dengan granit atau solid surface.

No comments:

Post a Comment