Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Mengatasi Dak Beton Yang Bocor

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kebocoran yang terjadi pada dak beton, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab terjadinya kebocoran tersebut. Biasanya kebocoran yang terjadi pada atap dak beton diakibatkan karena:
  1. Cor-an plat dak beton yang retak, sehingga air hujan bisa merembes pada beton yang retak tersebut.
  2. Permukaan dak beton yang tidak rata/bagus sehingga aliran air hujan yang tidak lancar ke arah saluran pembuangan.
  3. Saluran pembuangan air tersumbat sehingga air menggenang di dak beton yang lama kelamaan bisa merusak dak beton tersebut.

Hal yang paling utama sekali dilakukan terkait cara mengatasi dak beton yang bocor adalah memastikan aliran air hujan lancar menuju saluran pembuangannya. Jika permukaan dak beton bangunan Anda tidak rata, Anda harus memplester kembali dengan adukan semen + pasir cor dengan komposisi 1 : 2 dan sekaligus menyetel kemiringan permukaan plesteran ke arah saluran pembuangan.

Setelah plesteran kering, langkah selanjutnya cara mengatasi kebocoran dak beton, Anda harus memberikan lapisan anti bocor pada dak beton tersebut. Gunakan Sika Top Seal 107, material ini diproduksi khusus sebagai lapisan anti bocor dan dapat digunakan untuk melapisi dak beton baik untuk kondisi terbuka atau tertutup. Artinya dengan menggunakan lapisan Sika Top Seal 107, Anda tidak perlu lagi melapisi dengan plesteran atau keramik lagi di atasnya.
Bahan Pelapis Anti Bocor 2 Komponen - Sika Top Seal 107
Bahan Pelapis Anti Bocor 2 Komponen - Sika Top Seal 107

Demikian langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk cara mengatasi dak beton yang bocor pada bangunan Anda. Untuk Anda ketahui, adalah salah jika menggunakan floor drain sebagai penyaring air hujan sebelum masuk ke saluran dengan tujuan agar benda-benda asing atau dedaunan tidak masuk ke dalam pipa saluran pembuangan. Sebaiknya gunakan roof drain seperti gambar di bawah ini.

Penyaring Air Hujan Pada Dak Beton - Roof Drain
Penyaring Air Hujan Pada Dak Beton - Roof Drain



No comments:

Post a Comment