Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Mengatasi Kebocoran Kamar Mandi Lantai 2

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kebocoran pada kamar mandi di lantai 2, bagi pengunjung yang baru akan membuat kamar mandi di lantai 2 (sedang membangun) dan ingin mengetahui bagaimana cara membuat kamar mandi di lantai 2 tidak bocor, silahkan baca “Membuat Lantai Kamar Mandi Tidak Bocor”.

Kembali ke topik bagaimana cara mengatasi kebocoran kamar mandi di lantai 2 adalah sebagai berikut:

  1. Bongkar keramik lantai kamar mandi sampai kelihatan lapisan cor-an plat lantai beton. Buang puing dan bersihkan lantai kamar mandi tersebut.
  2. Gunakan Aquaproof/No Drop + serat fiber untuk melapisi keliling saluran pipa air buangan/air tinja.
  3. Setelah Aquaproof/No Drop kering, lapisi seluruh permukaan lantai beton kamar mandi dengan menggunakan lapisan anti bocor SikaTop Seal 107 termasuk dinding kamar mandi setinggi lebih kurang 10 cm dari lantai.
  4. Setelah 24 jam lakukan pengetesan dengan cara menggenangkan air pada lantai tersebut. Jika perbaikan yang Anda lakukan sudah tepat dan benar maka dipastikan tidak akan ada air yang merembes lagi.
  5. Kuras air genangan yang Anda lakukan pada point 4, kemudian pasang kembali keramik lantai kamar mandi sesuai dengan keinginan Anda.


Untuk mengatasi kebocoran lantai kamar mandi di lantai 2 ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, minimal 3 hari. Hal ini dikarenakan harus menunggu proses keringnya lapisan anti bocor dan melakukan pengetesan. Jadi Anda harus bersabar menunggu.

Demikian bagaimana cara mengatasi kebocoran kamar mandi di lantai 2. Bagi Anda yang belum mengetahui bahan/material yang digunakan, berikut contohnya:

Lapisan Anti Bocor 2 Komponen - Sika Top Seal 107
Lapisan Anti Bocor 2 Komponen - Sika Top Seal 107
Cat Anti Bocor - Aquaproof
Cat Anti Bocor - Aquaproof

Cat Pelapis Anti Bocor - No Drop
Cat Pelapis Anti Bocor - No Drop

Serat Fiber - Bahan Lapisan Anti Bocor
Serat Fiber - Bahan Lapisan Anti Bocor



No comments:

Post a Comment