Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bagaimana Membuat Rumah Agar Selalu Sejuk?

Bisa dipastikan bahwa setiap orang yang tinggal di daerah yang bercuaca panas, selalu bertanya "Bagaimana membuat rumah agar selalu sejuk?". Tujuannya tak lain agar nyaman untuk ditempati. Pada umumnya solusi yang diambil adalah menggunakan AC (Air Conditioner), namun penggunaan AC ini tentu akan membuat harus mengeluarkan biaya ekstra untuk tagihan listriknya. Semakin banyak AC yang digunakan maka akan semakin besar pula tagihan listrik yang dibayarkan setiap bulannya.

Cara membuat bagaimana agar rumah selalu sejuk dapat dimulai dari saat Anda membangun rumah. Hal yang paling utama dimulai dari desain rumah tersebut, upayakan jangan ada bukaan jendela yang menghadap ke Barat, jika-pun ada sebaiknya jendela tersebut dipastikan terlindung dengan baik. Kemudian usahakan agar sirkulasi udara berjalan lancar mengaliri rumah Anda.

Setelah melakukan hal yang di atas, ada beberapa elemen rumah yang harus Anda perhatikan supaya bisa membuat rumah agar selalu sejuk, diantaranya adalah: dinding, atap dan plafon. Baik itu dari bahan atau material yang digunakan maupun bagaimana cara tukang memasangnya dengan baik.

Dinding
Agar rumah Anda selalu sejuk buatlah dinding yang tebal pada dinding bagian terluar rumah Anda, minimal 22 cm (tergantung bahan yang digunakan). Jika menggunakan batubata merah, Anda bisa menginstruksikan ke tukang bahwa dinding terluar  tersebut adalah dinding pasangan 1 batu. Apabila menggunakan batubata ringan (Hebel), gunakan batu yang ukuran 600 mm x 200 mm x 200 mm (panjang x tinggi x tebal).


Atap
Untuk membuat rumah Anda selalu sejuk gunakan atap genteng keramik yang terbuat dari tanah liat, atap genteng keramik ini telah teruji mampu menahan panasnya terik matahari.


Plafon
Plafon merupakan elemen rumah yang perlu dapat perhatikan khusus agar fungsinya sebagai isolator bisa maksimal. Kadang banyak orang hanya berfikir terhadap estetikanya saja. Gunakan bahan plafon yang benar-benar mampu menahan rembesan hawa panas di atas plafon, misalnya gypsum.
Pilihlah gypsum yang berkualitas bagus. Kemudian pilih desain atau bentuk pola plafon yang tidak ada kemungkinan celah. Biasanya ini terjadi pada desain plafon ber-trap + lampu laser di dalamnya. Jikapun ingin, sebaiknya ditekankan betul ke tukang yang mengerjakannya agar lebih telaten, jangan sampai ada celah. Sehingga keingginan Anda untuk membuat rumah yang selalu sejuk tercapai.

No comments:

Post a comment