Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Tangga Layang atau Setengah Lingkaran

Bagaimana cara membuat tangga layang atau setengah lingkaran? Banyak orang yang menyukai tangga ini karena selain terlihat indah, juga memberikan kesan mewah dan elegan. Tapi tidak banyak orang yang bisa membuat atau mempunyainya. Ada yang dikarenakan untuk membuat tangga layang atau setengah lingkaran ini memerlukan biaya yang lebih mahal dari tangga biasa (letter L, U atau I), ada juga disebabkan tidak cukupnya ruangan yang tersedia untuk menerapkan tangga ini. Namun yang paling banyak ialah karena tidak tahu bagaimana cara membuat tangga layang atau setengah lingkaran ini.

Padahal untuk membuat tangga layang atau tangga setengah lingkaran ini tergolong mudah. Hal yang pertama kali dilakukan tentu dengan mendisainnya di atas kertas. Pada saat disain ini Anda bisa memperhitungkan berapa tinggi anak tangga yang akan dibuat. Kami menganjurkan jangan lebih dari 18 cm. Seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar denah untuk membuat tangga layang atau setengah lingkaran
Denah Tangga layang atau Tangga Setengah Lingkaran

Gambar di atas adalah gambar denah yang akan diaplikasikan untuk membuat tangga layang atau setengah lingkaran yang mana tinggi lantai bawah dan lantai atas berukuran 3,6 meter. Diameter terluar tangga adalah 6 meter.
Bagaimana cara menentukan jumlah anak tangganya?
Untuk menentukan jumlah anak tangga adalah dengan membagi tinggi lantai (floor to floor) dengan tinggi anak tangga yang Anda inginkan. Pada contoh ini adalah 360 cm : 18 cm = 20 buah.
Pada gambar ini juga terlihat ukuran besar anak tangganya, pada sisi terluar didapat ukuran 47 cm dan di sisi dalamnya berukuran 27 cm. Bagaimana cara membuat atau mendapatkan ukuran tersebut?
Jika Anda menggunakan busur, Anda cukup menarik garis dari pusat setengah lingkaran (A) sejauh 9°. Nilai 9° ini didapat dari 180° : 20 buah = 9°.
Namun jika Anda tidak menggunakan busur, silahkan Anda bagi bidang setengah lingkaran ini menjadi 20 bagian.
Yang perlu jadi catatan bagi Anda adalah bahwa besar ukuran pijakkan anak tangga bagian dalam sangat bergantung pada lebar tangga yang Anda inginkan. Pada gambar di atas, lebar tangganya adalah 125 cm sehingga didapat besar pijakkan sisi dalam adalah 27 cm. Semakin lebar tangga yang dibuat maka semakin mengecil besar pijakkan sisi dalamnya.

Untuk membuat tangga layang atau setengah lingkaran di lokasi, Anda terapkan gambar tersebut di lantai dimana tangga akan dibuat. Siapkan besi pipa Galvanis 1" pada titik pusat lingkaran (titik A). Ikatkan benang pada pipa tersebut dengan bantuan gelang kawat untuk memudahkan Anda menggesernya, kemudian tarik dan tandai dari titik B ke titik C. Setelah itu, silakan Anda geser sedikit-sedikit sesuai dengan ukuran besar tangga yang tertera pada gambar yang Anda desain tersebut.

No comments:

Post a comment