Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Pipa dan Fitting / Sambungan Untuk Instalasi Air Kotor

Ketika membuat instalasi air kotor hampir semua tahu bahwa pemasangan pipa-nya harus dimiringkan minimal 2% karena air kotor atau kotoran yang mengalir pada saluran pipa tersebut hanya mengandalkan gaya grafitasi saja. Adapun tambahan tekanan yang didapat hanya tekanan air ketika menyiram. Nah, untuk dapat menjaga saluran jangan mapet maka dianjurkan agar memilih pipa dan fitting/sambungan untuk instalasi air kotor ini yang tepat.

Pipa yang digunakan untuk instalasi air kotor adalah pipa jenis atau kelas D. Pada pipa Rucika, pipa kelas D ini ditandai dengan strip dan tulisan berwarna merah. Jadi cukup mudah bagi Anda untuk menandainya. Harganya lebih murah dari pada pipa jenis/kelas AW.
Yang harus menjadi perhatian Anda dalam menentukan pipa dan fitting untuk instalasi air kotor adalah fitting/sambungan-nya. Dan memasangkan sambungan tersebut pada posisi yang semestinya dengan tepat dan benar.

Pada tulisan "Pipa dan Fitting/sambungan Untuk Instalasi Air Kotor" ini kami memberikan contoh sebagai seperti penggunaan Elbow dan penggunaan soket Tee.
Pada instalasi air kotor, Anda WAJIB menggunakan elbow yang tikungannya panjang seperti gambar di bawah ini:
Elbow - pipa dan fitting sambungan untuk instalasi air kotor - Elbow Large Rucika
Elbow untuk instalasi air kotor - Elbow Large Rucika

Kenapa demikian? Anda harus ingat bahwa pada saluran air kotor ini tidak ada tekanan sama sekali yang akan mendorong air atau kotoran di dalam pipa (hanya tergantung pada kemiringan dan penyiraman) jadi jika Anda menggunakan elbow biasa, ada kemungkinan akan mapet karena kotoran bisa menumpuk pada sudut itu.

Begitu juga hal nya jika Anda ingin menggabungkan saluran pipa pada instalasi air kotor, Anda WAJIB menggunakan soket Tee yang mempunyai tikungan yang panjang seperti gambar di bawah ini:
Soket Tee - pipa dan fitting atau sambungan untuk instalasi air kotor - Large Radius Tee
Soket Tee untuk instalasi air kotor - Large Radius Tee

Dalam pemasangan soket Tee Large Radius ini jangan sampai terbalik arah pasangnya karena justru nanti akan berkibat fatal.
Harga kedua fitting atau sambungan di atas memang lebih mahal dari fitting/sambungan biasa namun Anda telah meminimalkan resiko saluran air kotor Anda akan mampet di kemudian hari, yang biaya untuk membenahinya jauh lebih besar dibanding harga fitting/sambungan tersebut.

Berikut kami berikan juga contoh elbow dan tee biasa sebagai perbandingan bagi Anda:
Elbow dan Tee Biasa - Rucika
Add caption

No comments:

Post a comment