Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Posisi Pintu dan Jendela Pada Kamar Yang Memanjang

Dimana meletakkan yang paling tepat untuk posisi pintu dan jendela pada kamar yang memanjang?
Jika tidak tepat dalam menempatkannya, suasana yang akan Anda rasakan bisa jadi akan membuat Anda merasa kurang nyaman. Pada umumnya, jika sebuah ruangan atau kamar berbentuk memanjang, bisa dipastikan akan memberikan suasana yang sempit. Namun jika Anda tepat dalam meletakkan posisi pintu dan jendela pada kamar atau ruangan yang memanjang tersebut.

Gambar di bawah ini memperlihatkan bagaimana posisi pintu dan jendela pada kamar yang memanjang dapat memberikan suasana atau kesan yang berbeda, padahal ukuran kamar tersebut persis sama.
Bagaimana meletakan posisi pintu dan jendela pada kamar yang memanjang
Posisi pintu dan jendela pada kamar yang memanjang


Jika posisi pintu dan jendela diletakkan saling berhadapan pada bidang yang pendek maka ruangan kamar ini kesan panjangnya akan lebih dominan sehingga kamar terasa sempit (gambar A). Begitu juga dengan gambar B, walaupun pintu sudah diletakkan pada posisi bidang yang panjang, sementara jendela masih ditempatkan pada bidang yang pendek, sehingga sudut padang ketika pintu dibuka akan langsung berhadapan dengan dinding dengan jarak yang dekat. Tentu hal itu akan memberikan kesan yang kurang nyaman pada diri Anda.
Berbeda dengan gambar C, dimana posisi pintu dan jendela diletakkan pada bidang yang panjang pada kamar ini. Meletakkan dua buah jendela dengan posisi yang terpisah juga akan memberikan suasana ruangan atau kamar ini menjadi lebar dan lapang.

Demikian cara mententukan letak posisi pintu dan jendela pada kamar yang memanjang. Kesan luas dan lapang akan Anda dapatkan jika menempatkannya pada posisi yang benar. Ditambah lagi jika Anda bisa memilih bentuk dan meletakkan perabot dengan baik sehingga kamar yang memanjang akan terasa melebar.

No comments:

Post a comment